Dengan Informasi Ini Mudah-mudahan Anda Dapat Mengenali Lebih Jauh Hal Yang Menarik Di Dalam Bumi Kita

Pengikut

Translite Into

Mobil Supersonik (Bloodhound SuperSonic Car)

Browse » Home »  » Mobil Supersonik (Bloodhound SuperSonic Car)

Bookmark and Share

 
Jika uji coba berhasil di landasan pacu, Bloodhound 
akan memecahkan rekor di Afrika Selatan. 
(Foto: bbc/nick haselwood)
Tim Inggris yang berupaya untuk mengenderai mobil dengan kecepatan di atas 1.000 mil/jam (sekitar 1.610 km/jam) telah mengungkapkan model mobil mereka.

Model dengan skala 1:1 itu memiliki panjang 12,8 meter dengan nama Bloodhound SuperSonic Car (SSC) merupakan hasil dari studi aerodinamis selama tiga tahun. Berat mobil nantinya akan sekitar enam ton.

Dan Bloodhound SSC menjadi salah satu bintang dalam Pameran Udara Internasional Farnborough di Inggris. Tim yang mengembangkan mobil tersebut mengatakan industri ruang angkasa, Hampson Industries, akan mulai membangun bagian belakang mobil yang sebenarnya pada kuartal 2011.

Sementara kontrak untuk membangun bagian depan dengan perusahaan lain sudah hampir disepakati. "Kami kini berada dalam rute untuk menciptakan mobil itu seutuhnya," kata pimpinan insinyur tim, Mark Chapman.

"Kami harapkan bisa menggoyang kenderaan itu di sebuah landasan pacu di Inggris pada akhir 2011 atau awal 2012," katanya kepada BBC.

Bukan cuma rekor
Jika dalam uji coba di landasan pacu tidak menghadapi masalah, maka Bloodhound SSC akan dibawa dengan kapal ke Afrika Selatan.

Di sana, mobil supersonik ini akan mencoba memecahkan rekor kecepatan darat di sebuah dasar danau yang sudah kering, Hakskeen Pan, di Tanjung Utara, Afrika Selatan.

Untuk memecahkan rekor, maka Bloodhound SSC harus lebih cepat dari rekor saat ini, yaitu 763 mil/jam (1.228 km/jam) yang dicatat oleh Thrust SuperSonic Car pada tahun 1997.

Namun, tim yakin Bloodhound akan lebih cepat dengan struktur aerodinamis yang meniru pesawat tempur Eurofighter serta roket hibrida Falkon sehingga mobil berwarna biru dan oranye ini bisa mencapai kecepatan di atas 1.000 mil/jam.

Tiga orang yang mengembangkan Thrust SSC juga ikut dalam proyek ini.
Ketiganya melihat Bloodhound tidak hanya sekadar sebuah kendaraan untuk memecahkan rekor, tapi juga sebagai proyek yang bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk tertarik pada STEM, yang artinya Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika.

Program Pendidikan Bloodhound sudah diumumkan di Farnborough, dan sekitar 1,5 juta murid di Inggris kini menggunakan kurikulum tentang materi yang didasarkan pada SSC. [bbc]

sumber : http://www.nonblok.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Blog Doer © Isi Bumi Kita
Kunjungi | Isi Bumi Kita | Pengetahuan Seputar Bumi