Dengan Informasi Ini Mudah-mudahan Anda Dapat Mengenali Lebih Jauh Hal Yang Menarik Di Dalam Bumi Kita

Pengikut

Translite Into

Goa Terbesar Di Dunia, Hang Son Doong

Browse » Home »  » Goa Terbesar Di Dunia, Hang Son Doong

Bookmark and Share

Gua yang diberi nama Hang Son Doong atau berarti gua sungai pegunungan itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh tahun 1991. Namun tak seorang pun yang pernah menelusurinya karena besarnya serta tekanan angin yang tinggi karena adanya sungai bawah tanah yang sangat besar.
Gua ini berada di dalam Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam digadang-gadang sebagai gua terbesar di dunia. Betapa tidak, lebar rongganya mencapai 150 meter dan tingginya 200 meter.

“Gua tersebut panjangnya 6,5 kilometer saat ini namun ujung rongganya masih berlanjut dengan dinding kalsit setinggi 45 meter yang menghentikan langkah kami,” ujar Adam Spillane, salah satu anggota tim ekspedisi dari Inggris yang menelusuri gua tersebut.

Universitas Sains Vietnam dengan penjelajah Inggris akhirnya menggelar Caving Expedition 2009 masuk ke dalam gua. selama lima hari pada pertengahan April 2009 untuk menyurvei jalur gua.

Survey menggunakan alat ukur berbasis laser LaserAce 300,untuk mengukur tinggi langit-langit dan lebar rongga di sepanjang perjalanan dengan harapan dapat membuat petanya.
Hasil laporan awal menunjukkan besar rongga utamanya mencapai dua kali lipat rekor gua terbesar saat ini.

sumber : http://wonders4u.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Blog Doer © Isi Bumi Kita
Kunjungi | Isi Bumi Kita | Pengetahuan Seputar Bumi